Stress Ditanya Kapan Nikah Saat Lebaran ? 7 Makanan Ini Bisa Menghilangkan Stress Kamu

Stress Ditanya Kapan Nikah Saat Lebaran ? 7 Makanan Ini Bisa Menghilangkan Stress Kamu

Selaluindah.com – Jakarta – Stres bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Tidak terkecuali saat momen lebaran seperti ini. Saat kerabat menanyakan kapan menikah, terkadang anda bisa kepikiran dan menjadi stress. Saat sedang stres, kadar hormon stres meningkat tajam ketika kamu terbelenggu oleh tekanan yang kamu alami selama sehari-hari. Saat kondisi ini dialami oleh seseorang, tak jarang beberapa orang mengatasinya dengan memakan makanan ringan atau ngemil.

Ya, bisa dibilang ngemil merupakan salah satu cara menghilangkan stres yang paling ampuh. Namun tak sedikit orang yang memilih untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti pergi ke kedai kopi atau restoran fast food. Meskipun jenis makanan ini nikmat di lidah, namun jenis makanan tersebut bukan merupakan pilihan terbaik untuk menghilangkan stres.

Jika saat stres kamu malah mengonsumsi makanan yang kurang sehat, justru membuat mood kamu semakin memburuk. Alih-alih ingin mengurangi stres, yang ada kamu malah menjadi tidak sehat karena mengonsumsi camilan yang salah. Oleh karena itu, saat sedang stres kamu perlu ngemil makanan yang sehat.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa kamu jadikan camilan untuk melepas penat dan bisa menghilangkan stres.

1. Dark Chocolate

Banyak orang yang setuju kalau coklat merupakan salah satu makanan favorit bagi kamu yang sedang mangalami stes. Ya, dengan membuka bungkus coklat dan mencium aroma khas coklat hitam atau dark chocolate saja sudah mampu membangkitkan ketenangan. Sudah banyak yang membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam kakao bisa membantu mengendurkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi.

2. Kentang

Kentang dikenal sebagai makanan yang bisa membuat kamu menjadi tenang. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsi kentang ketika stres.

Martica Heaner seorang ahli fisiologi olahraga dan professor nutrisi di Hunter Collage New York City mengatakan bahwa seseorang cenderung mencari makanan yang berlemak atau manis saat sedang stres. Di sini Heaner menyarankan untuk mengonsumsi kentang untuk mengatasi stres.

3. Wortel

Wortel juga bisa kamu jadikan sebagai makanan untuk mengurangi stres. Menurut Mandy Enright selaku ahli gizi, wortel, apel, dan seledri merupakan makanan yang mampu membantu dan berhasil mengatasi kondisi stres.

Wortel yang memiliki tekstur renyah saat dimakan ini mampu memberikan rasa lega. Selain itu, makanan dengan tekstur yang renyah seperti ini juga dapat meredakan tegang pada rahang yang merupakan area utama penyebab stres menumpuk di tubuh. Oleh karena itu, dengan mengunyah jenis makanan ini, bisa membantu kamu untuk kembali fokus dan menghilangkan stres.

4. Kiwi

Buah kiwi memiliki kandungan triptofan di dalamnya, yang di mana bisa berubah menjadi serotonin yang bisa menenangkan saraf dan menstabilkan suasana hati. Buah kiwi ini juga bisa membuat kamu agar tetap terjaga. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan kiwi secara teratur bisa membantu kamu untuk tidur lebih cepat dan nyenyak di malam hari.

5. Alpukat

Alpukat merupakan sumber triptofan, yang dapat meningkatkan relaksasi. Asam lemak omega-3 yang terdapat di alpukat juga diyakini bisa mengurangi kematian sel yang dapat memicu depresi. Tingginya kandungan protein dalam alpukat juga mampu memicu produksi dopamin. Ketika seseorang mengalami depresi, tubuhnya diketahui mengalami kekurangan vitamin B6.

Nah, kalau kamu berada di bawah usia 50 tahun, harus menginsumsi sekitar 1,3 mg vitamin B6 setiap harinya. Sedangkan setelah menjadi lebih tua, kamu perlu meningkatkan jumlahnya menjadi sekitar 1,5 mg untuk wanita dan 1,7 mg untuk pria.

6. Bayam

Saat kamu merasakan lelah, maka otot akan menegang. Ini menyebabkan kamu tidak bisa berpikir secara jernih, menjadi sulit tidur, dan tekanan darah menjadi meningkat. Nah, untuk mengembalikan kondisi agar menjadi normal, kamu membutuhkan nutrisi yang dapat membantu meringankan gejala-gejala tersebut.

Nutrisi itu adalah magnesium. Magnesium merupakan salah satu mineral terbaik untuk melawan kecemasan. Senyawa tersebut dapat membantu mempertahankan tingkat korsitol di tubuh. Nutrisi magnesium ini bisa kamu dapatkan pada bayam. Bayam merupakan makanan yang kaya nutrisi yang mengandung kadar magnesium sangat tinggi.

7. Ikan

Ikan disebut sebagai makanan untuk otak, sehingga tidak mengherankan bahwa ikan juga dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan mood. Selain dapat meningkatkan fungsi kognitif, ikan juga dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan mood.

Facebook Comments