6 Ikan Termahal di Dunia Dengan Harga Ratusan Juta Hingga Miliaran Rupiah

6 Ikan Termahal di Dunia Dengan Harga Ratusan Juta Hingga Miliaran Rupiah

Selaluindah.com – Jakarta – Seekor ikan biasanya dihargai berdasarkan seberapa langka, indahnya, dan keunikannya. Semakin banyak ketersediaan ikan tersebut makan semakin murah harganya.

Meskipun ikan yang terjual ini merupakan ikan yang akan digunakan dalam industri makanan, namun ternyata ada ikan air tawar yang pernah terjual dengan harga selangit. Mau tahu ikan apa sajakah itu?

Dilansir dari laman International Business Times, berikut ada 5 jenis ikan termahal di dunia yang pernah dijual:

1. Bluefin Tuna

Bluefin Tuna

Ikan termahal yang pernah dijual adalah Tuna Sirip Biru. Ikan ini dijual seharga USD 3,1 juta atau Rp 43,7 miliar (Kurs USD 1 = Rp 14.115), di Tokyo, pada Januari 2019 lalu.

2. Platinum Arowana

Platinum Arowana

Platinum arowana merupakan ikan termahal di dunia yang pernah dijual. Ikan ini dibandrol dengan harga mencapai USD 400 ribu atau Rp 5,6 miliar (Kurs USD 1 = Rp 14.115). Yang membuat ikan ini mahal karena warnanya yang indah dan sulitnya mengembangbiakannya di penangkaran.

Warna silver atau platinum yang terdapat di ikan ini adalah hasil dari mutasi genetik yang lanka, dan ternyata tidak semua Arowana memiliki harga yang selangit.

Ikan mahal ini membutuhkan minimal 20 galon tangki air karena ikan ini dapat tumbuh hingga panjangnya 3 kaki. Selain itu, ikan ini hanya boleh disimpan oleh aquarists yang berpengalaman dan profesional.

Ikan ini termasuk ke dalam jenis karnivora dan memakan daging ikan kecil, siput dan serangga. Tidak hanya itu, ternyata di Asia ikan ini diyakini dapat menetralkan pengaruh negatif, meningkatkan kesehatan, keberuntungan dan kemakmuran.

3. Ikan Pari Polka Dot

Ikan Pari Polka Dot

Ikan pari air tawar yang paling mahal yang pernah dijual mencapai USD 100 ribu atau Rp 1,41 miliar. Ikan ini begitu mahal karena kepalanya yang berbentuk huruf U tidak seperti jenis ikan pari lainnya yang berbentuk bundar.

Ikan ini dapat tumbuh dengan diameter lebih dari 18 inci. Untuk itu, setidaknya ikan ini membutuhkan akuarium yang begitu besar. Ikan ini begitu langka karena ikan pari ini tidak dapat bertahan di alam liar karena sulitnya untuk mendapatkan makanan.

Ikan ini merupakan ikan yang sangat aktif dengan tingkat metabolisme yang tinggi sehingga mereka perlu diberi makan dua kali sehari.

4. Peppermint Angelfish

Peppermint Angelfish

Ikan ini terkenal karena kelangkaan dan keindahannya. Ikan ini dibandrol dengan harga mencapai USD 30 ribu atau Rp 423 juta di akuarium Wakiki, Honolulu. Ikan ini tampak seperti permen manis.

Ikan ini hanya dapat tumbuh sekitar 2,5 inci. Ini mungkin jadi ikan terumbu paling mahal.

5. Masked Angelfish

Masked Angelfish

Ikan air tawar yang dijual dengan harga USD 20 ribu atau Rp 282,3 juta ini begitu berlimpah di Kepulaun Hawaii Barat laut karena pengumpulan ikan akuarium dilarang keras didaerah ini.

Ikan ini pertama kali ditemukan pada 1972, dan dapat tumbuh sekitar 8 inci. Tidak seperti kebanyakan ikan lainnya, ikan ini tidak memiliki warna dan pola yang cerah. Mungkin kesederhanaannya yang membuat ikan ini begitu mahal.

6. Bladefin Basslet

Bladefin Basslet

Ikan dengan panjang hanya 1,5 inci ini dijual dengan harga USD 10 ribu atau Rp 141,5 juta. Ikan ini menjadi sangat mahal karena warnanya dan kesulitan mengumpulkan ikan ini dialam liar.

Ikan ini memiliki tubuh berwarna putih dengan tanda merah, dan sirip putih unik yang terlihat seperti pisau. Ikan ini ditemukan di Karibia pada kedalaman lebih dari 500 kaki.

Facebook Comments