Virus WannaCry, Bentuk Pemerasan Dalam Dunia Cyber

Selaluindah.com – Sejak jumat (12/05/2017) diperkirakan sekitar 100 negara terkena serangan Virus Ransomware WannaCry yang menyerang sistem IT di Rumah Sakit. Tak terkecuali Indonesia, Rumah Sakit Dharmais juga telah menjadi korban virus berbahaya ini. Spanyol dan Rusia nampaknya menjadi negara yang paling parah terkena serangan WannaCry.

Di Inggris, sebanyak 16 rumah sakit terpaksa tutup. Sebab, saat para pekerja Rumah Sakit berusaha untuk mengakses komputer, mereka menemukan tuntutan untuk memberikan tebusan sebesar $300 (Rp4 juta) dalam bentuk bitcoin.

Apa itu Virus Ransomware WannaCry

WannaCry adalah nama dari program Virus Ransomware. WannaCry adalah salah satu kategori program jahat (malware) yang mengunci data di komputer dengan mengenkripsi data korban, setelah itu meminta tebusan dari korbannya. Setelah tebusan dibayar, baru data korban dibuka kembali oleh sang hacker.

Komputer yang terkena virus ini akan menampilkan prompt (ransom note) di layar monitor seperti gambar dibawah ini.

Tampilan Komputer Yang Terserang Virus WannaCry
Tampilan Komputer Yang Terserang Virus WannaCry

Tembusan

Dalam serangan ini, sang hacker meminta tebusan sebesar $ 300 atau sekitar 4 juta rupiah dalam bentuk mata uang Bitcoin. Tetapi, tidak ada jaminan juga kalau data tersebut akan benar-benar dikembalikan ke korban atau tidak.

Asal Usul Virus Ransomware WannaCry

Virus Ransomware WannaCry alias Wanna Decryptor ini berbeda dengan virus dalam kategori Ransomware yang lainnya.

Ransomware pada umumnya mengandalkan teknik phising. Phising adalah salah satu teknik hacking di mana calon korban harus meng-klik sebuah link untuk mendownload ransomware, misalnya di e-mail. Link ini bisa saja disembunyikan dalam sebuah file atau program. Apabila link tersebut tidak di-klik, maka ransomware tidak akan menginfeksi komputer.

Sedangkan Virus Ransomware WannaCry alias Wanna Decryptor mengeksploitasi celah di sistem keamanan Windows, MS 71-010. Virus ini akan scan port 445 (SMB). Jika port ini terbuka atau aktif, maka virus ini secara otomatis akan masuk kedalam komputer anda.

Virus ini unik karena diciptakan oleh salah satu software NSA yang dicuri oleh hacker Shadow Broker pada bulan April 2017.

Cara Untuk Terhindar Dari Serangan WannaCry

Cara untuk menghindari serangan WannaCry yaitu dengan mematikan jaringan internet yang terhubung dengan komputer. Backup data-data penting yang ada di komputer. Memasang Firewall, menginstal program Anti-Virus, dan menerapkan Filter File, melakukan deteksi instruksi, dan memperbarui perangkat lunak secara teratur.

Facebook Comments