Virus Komputer Yang Pernah Populer Di Indonesia

Selaluindah.com – Virus komputer muncul pertama kali pada tahun 1981. Program bernama Elk Cloner muncul di komputer Apple II. Saat itu, program itu hanya menampilkan baris kalimat di monitor. Yakni, “It will get on your disk It will infiltrate your chip. Yes it’s Cloner! It will stick to you like glue, It will modify ram too Send in the cloner!”.

Sedangkan virus pertama yang muncul di PC, tercatat muncul pada tahun 1986. Namanya The Brain yang dibuat oleh dua bersaudara asal Pakistan. Yang menjadi media penyebaran adalah Disket. Virus itu punya kemampuan untuk mengendalikan instruksi-instruksi di level DOS.

Berbagai jenis virus komputer bermunculan pada tahun 90an dan 2000an, seperti virus I Love You, Code Red, Melissa, SQL Slammer, sampai CriptoLocker yang menjadi bagian dari Ransomware. Beberapa virus komputer yang menghebohkan Indonesia antara lain yaitu :

1. Ransomware Wanna Cry

WannaCry adalah nama dari program Virus Ransomware. WannaCry adalah salah satu kategori program jahat (malware) yang mengunci data di komputer dengan mengenkripsi data korban, setelah itu meminta tebusan dari korbannya. Setelah tebusan dibayar, baru data korban dibuka kembali oleh sang hacker.

Virus Ransomware WannaCry alias Wanna Decryptor mengeksploitasi celah di sistem keamanan Windows, MS 71-010. Virus ini akan scan port 445 (SMB). Jika port ini terbuka atau aktif, maka virus ini secara otomatis akan masuk kedalam komputer anda.

Virus ini diciptakan oleh salah satu software NSA yang dicuri oleh hacker Shadow Broker pada bulan April 2017.

2. Gadis Mabuk

Malware dengan teknik serangan baru dan membuatnya sempat sulit dihilangkan oleh Facebook. Virus ini tidak memanfaat aplikasi Facebook, melainkan menggunakan add-on browser sehingga pengguna akan memposting secara otomatis si Gadis Mabuk. Virus ini ngetrend pada tahun 2015.

3. Stuxnet

Pada tahun 2010, virus ini menjadi perbincangan. Sebab, sampai dikabarkan merusak program SCADA dan mengancam meledakkan fasilitas nuklir di Iran. Di Indonesia sendiri, virus ini dikenal sebagai biang kerok kerusakan Flash Disk maupun Hard Disk. Cirinya, fasilitas penyimpanan itu menjadi penuh, mematikan print sharing, memutuskan jaringan, dan membuat komputer menjadi lambat.

4. Win32/Ramnit.F

Malware berjenis Trojan ini bikin sebel karena punya kemampuan mengkloning diri. Ujung-ujungnya, ruang penyimpanan di komputer menjadi penuh. Virus ini, kerap sembunyi dibalik aplikasi Office dan game.

5. Brontok

Pada tahun 2004 – 2005, virus ini mulai merajalela. Kepopuleran Flash Disk sebagai pengganti Disket dimanfaatkan sebagai media penyebaran. Virus ini melakukan Dos (mengirimkan paket untuk membebani server/jaringan) ke server utama. Virus brontox merupakan virus pintar karena bisa membuat windows restart ketika ada aplikasi yang dianggap membahayakan. Virus ini dikembangkan oleh developer Indonesia.

Facebook Comments