Viral Video Petugas Bandara Juanda Kasar Terhadap Penumpang Yang Akan Ke Hongkong, Begini Fakta Sebenarnya

Viral Video Petugas Bandara Juanda Kasar Terhadap Penumpang Yang Akan Ke Hongkong, Begini Fakta Sebenarnya

Selaluindah.com – Surabaya – Ramai di media sosial, seorang calon penumpang cekcok dengan petugas Bandara Juanda terkait barang bawaan yang diduga berbahan daging mentah. Badan Karantina Pertanian menyebut kejadian itu hanya salah paham, bukan pungli.

“Tidak ada maksud pungli oleh petugas. Yang terjadi adalah petugas hanya menerangkan ada kewajiban administrasi sertifikasi kesehatan produk hewan yang akan dilalulintaskan,” kata Kasubbag Humas Badan Karantina Pertanian dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/2/2018).

Arief mengaku sudah berkomunikasi dengan Yuni, penumpang yang ada dalam video dan akan terbang ke Hong Kong dengan 2 boks berisi bakso dan ayam panggang.

“Yang bersangkutan mengakui nggak ada pungli,” kata Arief sambil mengirimkan pesan WhatsApp dengan Yuni.

Video cekcok Yuni dan petugas bandara diposting Senin, 24 Februari. Yuni menyebut peristiwa terjadi sekitar pukul 04.30 WIB saat dirinya dan keluarga akan terbang ke Hong Kong.

“Biasanya aku bawa oleh2 berbagai macam, jumlahnya sampe 6 box ngga ada apa2. Sekarang giliran bawa cuma 2 box mrk bilang harus karantina lah,” tulis Yuni di akun Facebook-nya.

Video ini direspons beragam oleh warganet dan di-share puluhan ribu kali. Pihak Bandara Juanda mengaku ada kesalahpahaman petugas dan penumpang. Mereka berharap Balai Karantina memberikan sosialisasi ke petugas agar kasus serupa tak terulang.

Facebook Comments