Viral Percakapan Wanita Pinjam Uang Untuk Pesta Nikah Bikin Netizen Emosi Jiwa

Viral Percakapan Wanita Pinjam Uang Untuk Pesta Nikah Bikin Netizen Emosi Jiwa

Selaluindah.com – Jakarta – Menggelar pesta pernikahan kerap kali terbentur dengan biaya mahal, sehingga tak jarang pasangan yang memilih untuk berutang demi menghelat resepsi pernikahannya. Seperti dilakukan oleh wanita ini yang pinjam uang temannya untuk biaya pesta nikah. Ia pun jadi viral karena caranya berutang tak tahu aturan dan bikin netizen geram.

Belum lama ini, beredar percakapan WhatsApp yang bikin netizen kesal di Twitter. Percakapan viral yang diunggah oleh akun @askmenfess ini memperlihatkan seorang wanita yang ingin berutang Rp 20 juta untuk biaya pernikahannya pada temannya. Namun, banyak netizen yang emosi karena wanita itu menghina temannya.

Awalnya wanita yang tak diketahui identitasnya ini minta ditemani oleh temannya untuk membeli gaun. Sang teman yang ternyata adalah istri seorang dokter tak bisa menemaninya karena sudah ada janji dengan orang lain terlebih dahulu. Tapi, percakapan tiba-tiba beralih bahwa wanita itu ingin pinjam uang Rp 20 juta dan setelah nikah akan dibayarnya.

“Kebutuhan apa lagi sih? Lo berdua kan sama-sama anak orang kaya. Rumah punya, mobil punya, kerjaan mapan. Bantu teman lo dikit aja nggak bisa? balas si wanita. ”Maaf ya gue nggak bisa bantu, maaf banget. Banyak kebutuhan, maaf banget,” tolak sang teman discreenshot percakapan itu.

Wanita yang ingin berutang dengan temannya ini malah memaksa dan perkataannya tak sopan. Meskipun sempat kesal, temannya itu akhirnya berniat membantu dan meminta nomor rekening. Namun, wanita tersebut malah menaikkan utangnya dan meminta Rp 75 juta. Karena ingin menuruti gengsi yang terlalu besar untuk memiliki pernikahan impian, wanita ini tetap memaksa sang teman agar bisa membantunya dan meminjam uang darinya dengan jumlah yang cukup besar.

Temannya yang sangat geram itu pun meminta si wanita untuk bangun dari mimpi dan jangan menghayal saja. Ia juga minta agar wanita tersebut kerja sehingga bisa mewujudkan pernikahan impiannya, bukannya menyusahkan orang lain. ”Kalau calon suami gue DOKTER kayak suami lo, gue juga nggak bakal ngemis sama lo cor. Gue ingin punya suami dokter biar bisa hidup enak kayak lo, bayangin lo yang ada di posisi gue,” tulis si wanita.

Terkait biaya pesta pernikahan, setiap orang yang ingin mewujudkan pernikahan impiannya harus didasari dengan kemampuan finansialnya. Untuk menghindari utang, ada rumus menabung buat calon pengantin yang mau menikah.

Seperti diungkapkan oleh penulis buku ‘The Ultimate Wedding Guide’ Caroline Muliawan, sebenarnya tak ada patokan tertentu berapa dana yang harus disisihkan setiap bulannya, karena kondisi finansial setiap pasangan berbeda-beda. Namun biasanya, ia menganjurkan untuk mengalokasikan dana sekitar seperempat dari pemasukan untuk ditabung setiap bulan.

“Kalau menikahnya tahun depan, rumusnya mulai sisakan dana 30 persen per bulan untuk tabungan pernikahan. Baik calon pengantin pria, maupun wanita,” kata Caroline.

Jika memungkinkan, lanjut Caroline, tambah 5-10 persen saat beberapa bulan mendekati hari-H sebagai dana darurat. Selain itu, ia menganjurkan agar pasangan membuat satu tabungan khusus agar dana tidak terpakai untuk kebutuhan di luar persiapan pernikahan, sekaligus memudahkan mereka memonitor alur masuk-keluar dana tersebut.

Facebook Comments