Tips Mengatasi Bau Mulut Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Selaluindah.com – Saat menjalani ibadah puasa kita sering dibuat tidak nyaman oleh bau mulut, apalagi saat harus berbicara hadap-hadapan dengan seseorang. Bagaimana tidak, dengan menahan lapar dan haus sepanjang hari selama lebih kurang 14 jam hingga waktu berbuka puasa tiba menyebabkan kurangnya produksi air liur didalam mulut kita yang menyebabkan mulut kering dan bakteri yang ada didalamnya berkembang.

Bau mulut yang berasal dari mulut orang yang berpuasa merupakan hal yang wajar, namun meskipun hal tersebut sesuatu yang wajar, kondisi seperti ini sering kali menggangu kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu kita perlu menempatkan upaya dan mengurus kebersihan mulut kita sebagai yang terbaik yang kita bisa.

Berikut beberapa tips mengatasi bau mulut selama menjalani ibadah puasa yang dirangkum oleh Selaluindah.com :

1. Perhatkan jenis makanan saat makan sahur, terlebih makanan yang akan mengundang bau mulut saat anda nanti menjalani ibadah puasa. Seperti yang kita kenal jengkol, petai dan makanan yang terlalu banyak mengandung minyak dan terlalu pedas. Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak dan terlalu pedas terutama di waktu sahur akan mengakibatkan asam lambung yang aktif dan akan mempengaruhi kesehatan mulut, bisa saja memicu terjadinya sariawan dan bau mulut.

2. Perbanyaklah minum air putih saat sahur maupun berbuka puasa, usahakan untuk meminum 8 gelas air putih sehari. Karena itu akan memenuhi cairan tubuh anda selama menjalani ibadah puasa, dan juga mengatasi kekeringan pada mulut. Bau mulut tampaknya lebih kuat ketika berpuasa karena kekeringan mulut.

3. Perhatikan kebersihan lidah selama berpuasa. Gunakanlah pembersih lidah khusus seperti yang sudah ada banyak dijual di apotik atau pun supermarket. Membersihkan lidah dua kali sehari adalah cara yang paling efektif untuk menjaga bau mulut apalagi saat menjalani ibadah puasa karena akan mengangkat kotoran dan bakteri yang menempel pada lidah.

Baca Juga : 16 Makanan Dan Minuman Khas Ramadhan

4. Sikatlah gigi secara teratur, apalagi setelah sahur dan berbuka puasa. Lakukan penyikatan minimal 4 menit agar sisa-sisa makanan yang menmpel disela gigi benar-benar telah hilang dan bersih. Membersihkan bagian mulut seperti gigi harus lebih teliti apalagi setelah makan atau minum produk susu, kopi serta ikan dan daging.
Alangkah lebih baik lagi jika menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi, karena akan lebih efektif untuk menghilangkan bakteri dan kotoran yang menempel dimulut dan menjaga nafas tetap segar selama menjalani ibadah puasa.

5. Perbanyaklah makan makanan yang kaya akan serat selama puasa, seperti buah dan sayuran. Makanan yang kaya akan serat akan memperlancar sitem pencernaan selama menjalani ibadah puasa, selain itu kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayuran dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut terutama saat berpuasa.

6. Periksa kesehatan gigi secara rutin dengan mengunjungan dokter gigi. Memeriksa kesehatan gigi kedokter sangatlah penting demi menjaga kesegaran dan kesehatan mulut terlebih dalam menjalani ibadah puasa saat ini. Apabila sering periksa kesehatan gigi, segala masalah seperti gigi berlubang, tambalan yang rusak dan jarak antara gigi yang menyebabkan makanan masuk sehingga membusuk dapat diatasi dan menjauhkan kita dari bau nafas yang tidak enak.

Facebook Comments