Tanggapan Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota RI

Selaluindah.com – Jakarta – Kabar tentang pemindahan ibu kota Jakarta memang sudah santer diberikan oleh media masa. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun buka suara soal rencana pemindahan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa. Hal tersebut disampaikannya lewat akun Facebooknya.

“Apakah ibu kota negara akan pindah? Pindah ke mana?” demikian Jokowi membuka pernyataannya, Kamis (13/07/2017).

Jokowi secara tegas mengatakan rencana tersebut masih terus dikaji. Meski sudah santer dikabarkan kajian mengerucut pada satu lokasi, namun Jokowi mengaku tak akan membeberkannya saat ini.

“Begini. Wacana pemindahan ibu kota Negara Indonesia sampai dengan saat ini masih berada pada tahap kajian. Di acara Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah di Balikpapan, Kalimantan Timur, yang saya hadiri siang ini saya sampaikan, ada tiga provinsi yang sedang dikaji lebih dalam,” tutur Jokowi.

Provinsi mana saja?

“Tentu tidak akan saya buka. Hal ini untuk meminimalisir harga tanah yang dapat melambung tinggi akibat aksi para spekulan. Pemindahan ibu kota memerlukan kalkulasi mendalam dari berbagai aspek: sosial politik, infrastruktur, dan perekonomian. Semua dihitung, kemudian baru diketahui kebutuhan biayanya. Itu menyangkut biaya yang banyak,” tutur Jokowi

Facebook Comments