Sidang Lanjutan Pembunuhan Kim Jong-Nam, Ditemukan Sisa Racun VX di Baju Aisyah

Selaluindah.com – Kuala Lumpur – Sisa-sisa racun VX yang digunakan untuk membunuh Kim Jong-Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un, ditemukan pada pakaian Siti Aisyah dan Doan Thi Huong, dua wanita yang dituduh membunuhnya.

Kesaksian tersebut disampaikan seorang ahli kimia dalam persidangan kasus pembunuhan Jong-Nam, yang kembali digelar di pengadilan Malaysia hari ini. WNI, Siti Aisyah dan Doan Thi Huong asal Vietnam dituduh mengoleskan racun VX ke wajah Jong-Nam pada Februari lalu di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

Kesaksian Raja Subramaniam, ahli kimia pemerintah tersebut merupakan bukti pertama yang mengaitkan langsung kedua wanita tersebut dengan racun VX yang dinyatakan sebagai senjata pemusnah massal. Jong-Nam meninggal sekitar 20 menit setelah diserang dengan racun tersebut.

“Kami menemukan produk degradasi VX di baju tangan lengan Siti Aisyah,” ujar Subramaniam dalam persidangan di Pengadilan Tinggi Shah Alam, di pinggiran Kuala Lumpur seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (05/10/2017).

Dikatakannya, dia menemukan jejak-jejak VX murni, sebuah bentuk degradasi racun tersebut dan sebuah bahan dasar yang digunakan untuk membuat racun itu di kaos bertuliskan “LOL” yang dipakai Huong di waktu kejadian. Sisa-sisa racun VX juga ditemukan pada ujung-ujung kuku jari tangan Huong.

Rekaman CCTV serangan tersebut menunjukkan, kedua wanita itu muncul dari belakang Kim dan mengusap wajahnya dengan sesuatu sebelum kabur. Laporan post-mortem kemudian menunjukkan bahwa Jong-Nam meninggal akibat terpapar racun VX.

Namun para pakar bingung bagaimana kedua wanita itu bisa melakukan serangan dengan menggunakan bahan kimia mematikan itu, tanpa membahayakan diri mereka sendiri.

Persidangan kasus ini masih akan terus berlanjut. Dalam persidangan sebelumnya, Siti dan Huong mengaku tak bersalah atas pembunuhan Jong-Nam. Jika terbukti bersalah, kedua wanita muda itu terancam hukuman mati.

Facebook Comments