Paspor Rizieq Shihab Akan Di Cabut Pemerintah

Selaluindah.com – Keberadaan Rizieq Shihab di Tanah Suci mengundang berbagai pertanyaan. Rizieq yang dikabarkan melaksanakan ibadah umrah pada dua pekan yang lalu telah mangkir dari panggilan polisi dimana dirinya tersandung dalam kasus percakapan berkonten pornografi di Whatsapp bersama Firza Husein yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Rizieq dikabarkan sempat terbang ke Malaysia untuk hadir dalam sidang pendidikan yang ditempuhnya dan kembali lagi ke Arab.

Dirjen Lalu Lintas Imigrasi Maryoto Sumadi mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan aparat keamanan terkait dengan keberadaan Rizieq Syihab.

“Dirjen Imigrasi senantiasa bekerja sama dengan semua instansi yang terkait keamanan, termasuk KPK, kita sudah melakukan pertukaran data,” kata Maryoto di Bareskrim Rabu (17/5).

Namun Maryoto enggan berbicara detail terkait keberadaan Rizieq. Alasannya dia tidak mau mendahului aparat keamanan.

Saat disinggung apa polisi sudah resmi meminta update di mana posisi Rizieq, Maryoto menjawab,”Ya, tentunya nanti, salurannya dengan Interpol, polisi, imigrasi, kita juga cari menggunakan perwakilan kita yang ada di luar negeri.”

Selain itu, Maryoto mengatakan bahwa, jika ada permintaan bisa saja paspor Rizieq dicabut dan dinyatakan tak berlaku. Ketika paspor telah dicabut, maka seseorang yang berada di luar negeri bukan diekstradisi tapi dipulangkan melalui mekanisme keimigrasian.

“Jadi di deportasi dari negara tersebut. Yang pasti (Rizieq) melakukan kegiatan umrah, jadi visanya dikeluarkan kedutaan Saudi di sini. Visa umrah,” tambahnya.

Facebook Comments