Mitos Tentang Menstruasi Yang Perlu Diketahui Oleh Wanita

Selaluindah.com – Banyak hal di samping kita ternyata sebenarnya hanya mitos. Hal ini tidak terlepas dari budaya orang tua dulu yang memiliki banyak pantangan yang diwariskan ke anak cucunya. Berbagai mitos malah masih diyakini oleh sebagian orang hingga saat ini, walaupun ilmu pengetahuan sudah sangat modern.

Percaya atau tidak, bahwa perempuan lebih banyak menjadi objek mitos, dari bentuk tubuh hingga siklus bulanan atau menstruasi. Padahal menstruasi adalah merupakan proses alami yang terjadi pada tubuh wanita sebagai indikasi kesuburan organ reproduksinya.

8 mitos tentang menstruasi yang masih dipercayai oleh sebagian besar perempuan hingga saat ini yaitu :

1. Tidak Boleh Keramas

Sering orang tua berkata bahwa jika kita sedang menstruasi, dilarang untuk keramas. Entah apa yang mendasari orang dahulu melarang perempuan keramas saat masih menstruasi. Bisa dibayangkan jika seminggu tidak keramas. Seperti apa rasanya kepala. Untung saja ini adalah mitos. Tidak ada alasan sama sekali untuk tidak mandi dan keramas selama menstruasi.

Mandi, keramas dan aktivitas kebersihan lainnya sangat dianjurkan agar tubuh tetap bersih dan terhindar dari penyakit. Tidak akan terjadi apapun bila hal ini dilakukan karena tidak ada bukti atau penemuan ilmiah yang membuktikan keramas ketika masa menstruasi menimbulkan hal-hal buruk.

2. Dimakan Hiu Jika Berenang di Laut

Terdapat mitos bahwa berenang di laut dalam keadaan haid akan mengundang ikan hiu mendekat karena darah yang keluar dari vagina bercampur dengan air sehingga memancing ikan hiu untuk memangsa perenang. Jangan percaya ini hanyalah mitos belaka. Tidak ada satupun kasus yang pernah didokumentasikan bahwa hiu menyerang perenang yang sedang haid.

3. Lemas dan Harus Istirahat

Beberapa kelompok masyarakat menyakini wanita akan lemas dan harus istirahat total saat menstruasi. Maksudnya agar tidak terjatuh/pingsan mendadak karena lemas. Ini adalah mitos. Istirahat memang dibutuhkan tubuh kita. Walaupun demikian ketika menstruasi tidak harus istirahat total ditempat tidur. Tubuh harus tetap bergerak. Pakar kesehatan malah menganjurkan bahwa wanita yang sedang mengalami menstruasi untuk tetap beraktivitas dan banyak bergerak. Hal ini diyakini mampu menghindari kram perut yang mungkin timbul saat menstruasi. Beraktivitas juga berguna menjaga suasana hati agar tidak bosan.

4. ML Saat Menstruasi Tidak Menyebabkan Hamil

Ini adalah mitos yang sangat dipercayai oleh semua orang. Hati-hati, wanita yang melakukan aktivitas seksual ketika menstruasi masih bisa menyebabkan kehamilan. Sperma yang masuk mampu bertahan 3-5 hari. Ovulasi dapat terjadi pada fase pendarahan itu. Jika tidak ingin hamil, jangan berhubungan seks tanpa pengaman. Selain itu, apabila berhubungan badan saat menstruasi dapat beresiko terkena penyakit kelamin. Berhubungan badan ketika menstruasi juga dapat menyebabkan kehamilan dengan peluang bayi cacat, itu kenapa agama melarang berhubungan ketika sedang haid.

5. Menstruasi Yang Tidak Teratur Menandakan Organ Reproduksi Yang Kurang Sehat

Tidak, ini adalah Mitos. Alat reproduksi tidak akan terganggu hanya karena menstruasi yang tidak teratur. Pada dasarnya ada 3 hal utama yang dapat mengacaukan siklus menstruasi. Umumnya disebabkan oleh stres, penyakit dan aktivitas berat. Walaupun demikian itu tidak akan mengakibatkan terganggunnya organ reproduksi. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penjelasan penyebab pasti menstruasi yang tidak teratur tersebut dan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

6. Siklus Menstruasi Itu 28 Hari

Ini adalah mitos. Waktu 28 hari adalah perhitungan rata-rata saja. Setiap wanita mempunyai siklus yang berbeda-beda. Siklus itu hanya ditaksir oleh diri sendiri berdasarkan gejala-gejala yang dapat dirasakan dan bukan berdasarkan perhitungan.

7. Menstruasi Dapat Ditunda dengan Obat-Obatan

Ini adalah Mistos. Jangan percaya dan buang-buang waktu untuk mengatur siklus menstruasi karena ini adalah suatu yang alami. Mengunakan alat atau obat-obatan justru akan menimbulkan permasalahan serius bagi kesehatan organ reproduski dan dapat berakibat fatal bagi diri sendiri.

8. Darah Menstruasi Berbeda Dengan Darah di Tubuh

Ini adalah mitos. Darah haid adalah darah seperti darah ditubuh kita. Mitos ini muncul karena darah menstruasi mengalir dari vagina. Oleh sebab itu dianggap berbeda dengan darah tubuh pada umumnya. Karena vagina adalah bagian dari tubuh, maka darah menstruasi yang keluar dari vagina tidak ada bedanya dengan darah ditubuh kita.

mitos2

Inilah mitos-mitos yang masih sangat dipercayai oleh kaum wanita di Indonesia.

Facebook Comments