Kekasih Juara, Tempat Curhat Untuk Warga Bandung

Selaluindah.com – Bandung – Pemkot Bandung mulai hari ini resmi merilis Kendaraan Kanseling Silih Asih (Kekasih Juara) yang siap menampung curhatan warga kota Bandung. Lalu apa sebenarnya manfaat ‘Kekasih Juara’ itu ?

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan dalam membangun sebuah daerah tidak melulu harus berupa fisik, namun mental masyarakat juga penting. Emil, sapaan Ridwan, mengingatkan hal tersebut dengan penggalan lirik lagu Indonesia Raya : ‘Bangunlah jiwanya, Bangunlah badannya’

“Seperti kita alami juga badan ini gimana pikiran. Pikiran sehat badan akan ikut sehat dan kuat. Nah kami ingin warga Bandung ini bahagia,” ucap Emil usai meluncurkan ‘Kekasih Juara’ di Taman Dago Cikapayang, Kota Bandung, Kamis (28/09/2017).

Dia mengatakan warga Kota Bandung yang jumlah penduduknya mencapai 2,4 juta rentan dengan stres. Sehingga ‘Kekasih Juara’ diharapkan dapat menjadi solusi masyarakat yang mengalami gejala psikologis, kecemasan, hingga rasa galau karena cinta.

Nantinya mobil berpolet pink ‘Kekasih Juara’ bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara gratis di Taman Dago Cikapayang, Taman Lansia dan Taman Dewi Sartika. “Mudah, tinggal datang ke taman liat pohon jadi tenang ditambah ada psikolog, konseler dan psikiatri sehingga pulang hidupnya semangat lagi,” katanya.

Soal pemilihan warna polet mobil, Emil sengaja memilih merah muda. Sebab hasil penelitian, menurut dia, warna merah muda membuat yang melihatnya merasa bahagia dan gembira. “Dan juga tidak bikin stres,” kata Emil.

Untuk sementara waktu Pemkot Bandung baru menyediakan tiga Kekasih Juara yang akan disebar di tiga tempat. Setiap tempat nantinya akan menyediakan tiga unit tenda sebagai sarana curhat masyarakat. Sementara bagi yang membutuhkan privasi bisa curhat di dalam mobil.

Ke depan, kata Emil, Pemkot Bandung akan menambah armada tiga atau empat kali lipat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Karena kurang nanti dianggarkan di perubahan. Kita tambah 3-4 kali lebih banyak sehingga warga Bandung kalau butuh teman cerita itu ada,” tuturnya.

Selain sebagai tempat curhat, keberadaan ‘Kekasih Juara’ juga diharapkan bisa meningkatkan indeks kebahagiaan Kota Bandung dan menjawab keraguan masyarakat akan kinerja pemerintah.

“Negara ada pada problem warga. Maka slogannya adalah ‘Kami Selalu Ada Untuk Anda’,” ucap Emil.

Facebook Comments