Istilah Politik Di Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui

Indonesian presidential candidate Joko "Jokowi" Widodo gestures during a rally in Proklamasi Monument Park in Jakarta July 9, 2014. Both Jokowi and Prabowo Subianto claimed victory in Indonesia's presidential election on Wednesday, suggesting there could be a drawn out constitutional battle to decide who will next lead the world's third-largest democracy. REUTERS/Darren Whiteside (INDONESIA - Tags: ELECTIONS POLITICS)

Bila anda rajin nonton berita, belakangan ini di Indonesia tengah ramai mengulas berita mengenai penentuan gubernur serta wakil gubernur DKI Jakarta. Tak tahu itu di koran, tv, bahkan juga hingga di kantor juga ramai mengulas mengenai berita itu. Mendengar berita itu, tentu terdapat beberapa sekali kalimat yang terdengar asing di telinga. Jangankan yg tidak pernah nonton berita, yang senantiasa ikuti berita saja masihlah ada yang tidak paham apa artinya. Mari simak beberapa arti didunia politik di bawah ini.

1. Petahana
Masihlah terkait dengan pemilu gubernur serta wakil gubernur DKI Jakarta, kalian pastinya pernah mendengar berita yang mengatakan kata petahan. Misalnya yaitu calon gubernur petahana Basuki Thajaja Purnama lakukan blusukan ke sebagian tempat. Apaka arti dari petahana itu?

Petahana dalam bhs Inggris bermakna incumbent, yaitu kata yang datang dari tahana. Mempunyai arti kedudukan, kebesaran, atau kemuliaan. Dalam dunia politik, arti ini diberikan pada pemegang satu jabatan politik yang tengah menjabat serta bakal mencalonkan lagi untuk jabatan yang sama di periode setelah itu.

2. Makar
Pada tanggal 2 Desember 2016 atau yang populer dengan sebutan tindakan 212, beberapa tokoh makar sukses di tangkap oleh pihak berwajib. Kalian tentu bingung kan apa yang disebut dengan makar? Menurut Kamus Besar Bhs Indonesia atau KBBI, makar mempunyai sebagian arti, pertama yaitu akal busuk, tipu muslihat. Ke-2 yaitu perbuatan atau usaha dengan maksud akan menyerang atau membunuh orang dsb. Ketiga yaitu perbuatan atau usaha menjatuhkan pemerintah yang sah.

Apa ketidaksamaannya dengan kudeta? Tidakkah bila demikian kudeta dengan makar mempunyai maksud yang sama yaitu menggulingkan pemerintahan yang sah? Nyatanya ada ketidaksamaan pada ke-2 arti itu. Dalam Anda Besar Bhs Indonesia, kudeta yaitu perebutan kekuasaan pemerintahan dengan paksa. Ketidaksamaan makar serta kudeta yaitu kudeta lebih mengacu pada arti politik sesaat makar mengacu pada arti hukum.

3. Elektabilitas
Mendekati penentuan gubernur serta wakil gubernur DKI Jakarta, kita kerap mendengar kata elektabilitas. Elektabilitas pasangan calon gubernur serta wakil gubernur dari partai A alami penambahan mencolok daripada pasangan calon gubernur serta wakil gubernur dari partai B. Sesungguhnya apa sih arti dari elektabilitas?

Elektabilitas yaitu tingkat keterpilihan yang sesuai dengan persyaratan pilihan. Elektabilitas dapat diaplikasikan pada barang, layanan ataupun orang, tubuh atau partai. Elektabilitas partai tinggi bermakna partai itu mempunyai daya tentukan yang tinggi. Untuk tingkatkan elektabilitas jadi objek elektabilitas mesti penuhi persyaratan keterpilihan serta popular. Beberapa orang yang salah mengartikan elektabilitas dengan popularitas. Keduanya mempunyai arti yang tidak sama. Popularitas yaitu tingkat kepopuleran di mata orang-orang. Walau popular belum pasti layak diambil.

4. Pemakzulan
Pengambilan suara di parlemen Korea Selatan yang dikuasai kubu opisisi mengambil keputusan untuk memakzulkan Presiden Park Geun Hye lantaran skandal korupsi yang melibatkan rekan perempuan kepercayaannya. Demikianlah artikel berita yang ada di Korea Selatan. Ada satu arti politik yang nampak di sana yakni memakzulkan. Apa arti dari kata pemakzulan itu?

Pemakzulan mempunyai arti sebagai satu sistem dari satu tubuh legislatif yang dengan cara resmi menjatuhkan dakwaan pada seseorang petinggi negara. Pemakzulan tidak sama dengan pemecatan atau pelepasan jabatan namun cuma adalah pernyataan dakwaan dengan cara resmi, serupa pendakwaan dalam masalah kriminil. Dakwaan ini hanya langkah pertama menuju peluang setelah itu yakni pemecatan.

5. Reklamasi
Satu diantara persoalan yang pernah menerpa Jakarta yakni reklamasi Teluk Jakarta. Terdapat beberapa orang yang pro serta kontra mengenai reklamasi itu. Lupakan sesaat mengenai pro serta kontra tentang reklamasi Teluk Jakarta. Apa sih sesungguhnya yang disebut dengan reklamasi?

Reklamasi yaitu pekerjaan atau usaha pemakaian satu lokasi atau tempat yg tidak bermanfaat serta berair untuk jadikan tempat yang bermanfaat lewat cara dikeringkan. Beberapa tempat yang umum jadikan untuk tempat lakukan reklamasi seperti lokasi pantai, terlepas pantai, danau, rawa-rawa maupun sungai yang lebar.

6. Referendum
Belum lama ini perdana menteri Italia mundur sesudah alami kekalahan telak dalam referendum. Apa arti dari referendum? Referendum adalah satu diantara bentuk demokrasi dalam satu negara. Mempunyai arti yakni pemberian hak pada rakyat, untuk pilih jalan keluar dalam penyelesaian satu perkara domestik. Lantas apa bedanya dengan pemilu?

Ketidaksamaan dengan penentuan umum yaitu pemilu dikerjakan pada umumnya dengan maksud untuk pilih perwakilan rakyat seperti Dewan Perwakilan Rakyat serta presiden. Dalam referendum, pengambilan suara dikerjakan untuk mencari jalan keluar yang dikehendaki oleh rakyat dalam penyelesaian satu persoalan yang tengah berlangsung. Rakyat bakal diberikan pilihan ya atau tak tentang satu proposal. Proposal tersebut yang nanti bakal memastikan kebijakan apa yang di rasa rakyat perlu untuk dikerjakan oleh negara.

7. Komprehensif
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sudah bikin satu program yang komprehensif. Nah, nampak lagi nih kata baru yg tidak pernah kita dengar terlebih dulu. Kata itu yaitu komprehensif. Apa arti dari kata komprehensif itu?

Menurut bhs Indonesia, komprehensif mempunyai 3 buah arti. Arti yang pertama yakni berbentuk dapat menangkap atau terima dengan baik. Ke-2 yaitu mempunyai ruangan lingkup luas serta komplit. Ketiga yaitu memiliki serta memerlihatkan wawasan yang luas. Bila diliat dari kalimat, jadi yang sesuai sama yaitu arti yang ke-2 yakni ruangan lingkung yang luas serta komplit. Jadi, presiden RI Joko Widodo bikin satu program yang mempunyai ruangan lingkup luas serta komplit.

8. Akuntabel
Akuntabel atau akuntabilitas, yaitu kata yang kerap disangkutpautkan dengan tranparansi. Contoh kalimatnya yaitu pengelolaan dana APBN baiknya dikerjakan dengan cara transparansi serta akuntabel. Kita ketahui apa arti dari transparansi yang mempunyai arti terbuka namun apa arti dari akuntabel ini?

Didunia politik, akuntabel atau akuntabilitas mempunyai arti seperti berikut, bisa dipertanggungjawabkan serta tak tidak mematuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Lantas mengapa tak memakai kata yang lebih gampang yakni pertanggungjawaban? Sebagian pakar menerangkan kalau dalam hubungannya dengan birokrasi, tanggung jawab mempunyai arti sebagai otoritas yang didapatkan atasan untuk melakukan satu kebijakan. Sedang akuntabilitas adalah keharusan untuk menerangkan bagaimana realisasi otoritas yang diperolehnya itu. Jadi akuntabilitas mempunyai arti yang tidak sama.

9. Moratorium
Ramai dikabarkan kalau dalam 5 th. saat pemerintahan Jokowi-JK ke depan, bakal diberlakukan moratorium penerimaan Pegawai Negeri Sipil atau umum yang disingkat dengan PNS. Temukan kata yang aneh dalam kalimat itu? Moratorium, tersebut arti dalam dunia politik yang pasti asing di telinga kalian.

Apa sih arti moratorium? Moratorium ini berarti penangguhan pembayaran utang atau keharusan spesifik sepanjang batas saat yang ditetapkan. Kata ini cukup kerap dipakai untuk merujuk ke saat penundaan pembayaran tersebut, sesaat otorisasinya dikatakan sebagai undang-undang moratorium.

10. Kasasi
Didunia politik terdapat beberapa sekali kosakata yang asing serta tak kita kenali. Bila kalian yang tidak sering ikuti berita politik, pastinya kalimat itu begitu membingungkan. Apa sih artinya? Nah, satu diantara kata yang kerap terdengar akhir-akhir ini yaitu kasasi. Apakah yang disebut dengan kasasi?

Kasasi yaitu kata yang cukup kerap terdengar saat kita tengah melihat persidangan. Untuk kalian yang pemula, kasasi mempunyai arti pembatalan ketentuan yang dikerjakan oleh Mahkamah Agung terhadapat ketentuan hukum. Pembatalan ini dikerjakan karena ketentuan yang di keluarkan tidak cocok atau menyalahi undang-undang.

Facebook Comments