Ini 7 Ciri- Ciri Orang Yang Terlibat Terorisme dan Siap Lakukan Bom Bunuh Diri

Ini 7 Ciri- Ciri Orang Yang Terlibat Terorisme dan Siap Lakukan Bom Bunuh Diri

Selaluindah.com – Jakarta – Indonesia kembali berduka setelah serangan bom bunu diri terjadi di sejumlah tempat di Surabaya. Pengeboman 3 gereja, rusunawa dan di Mapolrestabes Surabaya. Aksi teroris ini memakan korban jiwa dan melibatkan keluarga serta anak kecil.

Pengeboman ketiga gereja di Surabaya, Minggu (13/5/2018) dilakukan oleh keluarga Dita Supriyanto.

Dita berbagi tugas bersama istri dan keempat anaknya, meledakkan ketiga bom dalam waktu selisih 30 menit. Mengendarai mobil Avanza, Dita menyerang Gereja Pantekosta Pusat Surabaya di Jalan Arjuna. Ia ledakkan diri sesaat mobil ia hantamkan ke gedung gereja.

Atas insiden tersebut dilaporkan setidaknya lebih dari 10 orang meninggal dan 40 lainnya luka-luka. Banyak dugaan muncul terkait serangkaian serangan terorisme di Indonesia merupakan bagian dari aksi para pelaku teror di dunia.

Untuk mencegah insiden itu terulang kembali, ada baiknya kita kenali ciri-ciri orang yang hendak lakukan serangan bom bunuh diri.

Menurut PBB dikutip dari Ibtimes, setidaknya ada tujuh ciri orang yang hendak lakukan serangan bom bunuh diri.

1. Calon pelaku berusia 16-40 tahun, baik perempuan maupun laki-laki. Bahkan anak-anak dengan rentang usia sekitar 8-15 tahun pun bisa terlibat.

2. Bercukur jenggot dan kumisnya (sebelum menjalankan serangan) karena dirinya akan berada di kerumunan publik.

3. Pelaku biasanya sudah mengenal baik lingkungan sosialnya dan bisa membaur dengan kerumunan.

4. Memakai parfum dengan bau tak biasa. Hal ini diyakini sebagai bagian dari ritual untuk persiapan ke surga.

5. Mengenakan baju ukuran besar dan tas ransel besar untuk menyembunyikan bom di dalamnya.

6. Meski dalam cuaca dingin, pelaku biasanya akan berkeringat banyak sebelum lakukan aksinya. Hal itu ditengarai karena pelaku merasa tegang.

7. Pelaku biasanya berbicara pada dirinya sendiri. Selain itu, tatapan dan pandangannya sangat fokus pada satu titik yang merupakan target serangannya.

Facebook Comments