Heboh! 10 Tahun Dikuburkan, Jasad Sumini Masih Utuh

Heboh! 10 Tahun Dikuburkan, Jasad Sumini Masih Utuh

Selaluindah.com – Jember – Meski terkubur selama 10 tahun, jasad Sumini masih utuh. Ini diketahui setelah makamnya ambrol tergerus banjir yang terjadi di Dusun Krajan, Desa Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari.

Sumini dimakamkan 10 tahun silam di pemakaman umum setempat, yang lokasinya memang tidak jauh dari sungai. Demikian juga makam Sumini, letaknya hanya beberapa meter saja dari bibir sungai. Makam itu terlindung pagar makam di dekat aliran sungai.

Beberapa waktu lalu, air sungai meluap akibat hujan deras. Naiknya debit air ini menggerus tanah hingga membuat pagar ambrol. Makam yang ada di dekat sungai itu juga ikut tergerus, termasuk makam Sumini.

“Mayat yang ditemukan di bagian pagar makam yang ambrol terkena banjir itu memang benar ibu saya, ibu Sumini, meninggal 10 tahun lalu,” kata salah seorang anak Sumini, Hasan, Senin (05/02/2018).

Menurut Hasan, saat mendapat kabar pagar makam ambrol, pihak keluarga sudah menyiapkan kain kafan baru untuk almarhum Sumini. Sebab pihaknya juga mendapat kabar, salah stu makam yang ambrol adalah makam Sumini.

“Kami sekeluarga memang sengaja mencari tulang ibu kami bersama saudara lainnya dibantu warga karena takut dibawa aliran sungai. Namun kami terkejut ketika tubuh ibu kami masih dalam keadaan utuh dan masih lengkap dengan kain kafannya,” tambah anak kelima Sumini itu.

Hasan meyakini mayat yang ditemukan di bawah reruntuhan pagar makam yang ambrol memang ibunya. Karena bisa dilihat dari lokasi penemuan berada di bawah makam yang ambrol, di sebelah selatan dan sebelah barat yang dekat dengan pagar. Selain itu, juga bentuk tubuh yang kurus dan tinggi sekitar 150 cm. Sedangkan lainnya, posisi makam berada di sebelah utara dan agak ke timur.

“Sungguh membuat saya dan saudara lain terkejut melihat ini. Padahal ibu sudah sekitar 10 tahun meninggal, biasanya sudah tinggal tulang. Tetapi ini tubuh masih utuh hingga ke kaki, dan lengkap dengan kain kafan berwarna agak kecoklatan. Setelah itu, mayat ibu langsung kami angkat ke atas. Serta dilanjutkan dengan penggalian makam, untuk pemindahan pemakaman selanjutnya,” ungkap Hasan.

Sementara salah satu warga setempat, Haki mengatakan bahwa memang benar mayat yang ditemukan utuh di dekat pemakaman merupakan Sumini, yang meninggalnya sekitar 10 tahun lalu. “Saya beserta warga lainnya juga ikut terkejut, melihat tubuh Sumini masih utuh. Sangat tidak disangka sekali, saat keluarga bersama warga mengangkat tubuh korban ke atas,” imbuhnya.

Facebook Comments