Hasil Sidang : Ahok Di Vonis 2 Tahun Penjara

Selaluindah.com – Kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) dilangsungkan hari ini tanggal 09/05/2017 pada pukul 09:00 wib. Sidang digelar oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, dipimpin Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto.

Dari surat keputusan yag dibacakan Hakim, terdakwa Ahok dinyatakan terbukti melakukan penistaan agama dan di vonis 2 tahun penjara.

“Terbukti secara sah melakukan tindak pidana penodaan agama, penjara 2 tahun,” kata Dwiarso, Selasa (09/05/2017)

Vonis yang diterima Ahok ini lebih berat dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada sidang sebelumnya. Dalam tuntutan, Ahok dituntut JPU 1 tahun penjara dengan 2 tahun masa percobaan.

Ahok didakwa dengan Pasal 156 KUHP. Yang isinya “Barang siapa di muka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah. Perkataan golongan dalam pasal ini dan pasal berikutnya berarti tiap-tiap bagian dari rakyat Indonesia yang berbeda dengan suatu atau beberapa bagian lainnya karena ras, negeri asal, agama, tempat, asal, keturunan, kebangsaan atau kedudukan menurut hukum tata negara.”

Salah seorang JPU mengatakan, Ahok tidak bisa dituntut menggunakan pasal 156 (a) KUHP tentang penistaan agama dengan tuntutan maksimal 5 tahun penjara, karena pidato terdakwa yang menyinggung surat Al-Maidah ayat 51 tak memenuhi unsur niat melakukan penghinaan agama.

Facebook Comments