Ini Dia! 10 Jenis Hantu Yang Paling Ditakuti Di Indonesia!

Ini Dia! 10 Jenis Hantu Yang Paling Ditakuti Di Indonesia!
Selaluindah.com – Jakarta – Bicara soal sesuatu yang tidak terlihat nyata itu memang sangat mengasikan, seperti bicara soal masa depan dan hantu. Ya, sama seperti masa depan, kita juga tidak bisa melihat hantu bukan? Well, ada sebagian orang yang dikaruniai kemampuan untuk melihat penampakan hantu. Atau mungkin ada yang ‘beruntung’ karena Pocong, Genderuwo, Kuntilanak dan Wewe Gombel menampakan diri di depannya.
Di Indonesia terdapat beberapa jenis hantu yang sangat ditakuti oleh masyarakat. Bukan hanya masyarakat desa, namun masyarakat yang tinggal dikota juga masih percaya akan keberadaan hantu-hantu seperti kuntilanak, pocong, genderuwo, dan lain sebagainya. Dari cerita yang melegenda, diketahui bawa setiap hantu merupakan wujud dari manusia yang meninggal secara tidak wajar, sehingga arwah mereka gentayangan di alam manusia. Berikut ini adalah asal usul hantu yang ada di Indonesia dan sangat ditakuti.

Asal Usul Hantu Yang Ditakuti Masyarakat Indonesia

1. Pocong

Bisa dibilang Pocong adalah salah satu jenis hantu yang paling eksis di Indonesia. Saking eksisnya, nama dia pernah didopsi oleh salah satu akun Twitter yang menjadi selebtwit di Indonesia. Ciri khas Pocong adalah seluruh badannya dilapisi kain kafan dan jalannya melompat-lompat. Ada juga sih yang bilang kalo Pocong ini jalannya melayang.

asal-usul-hantu-7

Konon asal-usul Pocong tercipta dan gentayangan akibat adanya kelalaian saat jenazah dikebumikan, yakni lupanya tali pengikat kain kafan dibuka. Meski cukup pupuler di Indonesia, namun keberadaan Pocong lebih dikenal di wilayah Jawa dan Sumatera.

2. Kuntilanak

Selain banyak tampil di film-film horror, kepopuleran Kuntilanak juga sempat jadi nama salah satu selebtwit di Indonesia. Ciri khas Kuntilanak adalah menggunakan pakaian putih panjang dengan tawa yang menyeramkan. Kabarnya jika kamu mendengar tawa Kuntilanak dari kejauhan, itu tandanya dia dekat. Pernah lihat gak?

asal-usul-hantu-5

Sebagai hantu wanita yang populer, konon Kuntilanak berasal dari jenazah wanita yang dianiaya sebelum meninggalnya. Karena dendam, dia selalu menakuti para pria dengan tawa atau tangisannya yang menyeramkan. Kuntilanak biasanya muncul di pohon besar dan rindang.

3. Tuyul

asal-usul-hantu-13

Konon, Tuyul berasal dari bayi yang meninggal ketika lahir. Karena berasal dari bayi, tak heran jika Tuyul dikabarkan sebagai sosok hantu anak kecil berkepala botak, nakal, suka main, dan mengambil barang orang lain (mencuri). Tuyul sering digambarkan sebagai sosok hantu yang dipelihara untuk membuat kaya pemiliknya.

4. Genderuwo

Dalam film-film horor, Genderuwo digambarkan sebagai makhluk halus berbadan besar dipenuhi bulu seperti gorila. Namun kabarnya Genderuwo sebenarnya adalah hantu yang berpenampilan seperti manusia, namun berbadan besar dan penuh bulu. Dan yang unik, Genderuwo sangat menyukai manusia, bahkan dipercaya sering ‘menyamar’ jadi manusia.
asal-usul-hantu-9

Karena mampu berubah jadi manusia, Genderuwo juga sering digambarkan sebagai hantu yang jago kimpoi. Banyak sudah laporan bahwa ada Genderuwo yang nyamar jadi suami orang, lalu dia jadi ‘stuntman’ dan memberikan ‘servis’ gratis kepada sang istri. Oh iya, Genderuwo juga dipercaya sebagai hantu yang jago memberikan nomer buntut.

5. Wewe Gombel

asal-usul-hantu-10

Wewe Gombel jadi hantu wanita populer lainnya yang ada di Indonesia. Asal-usul hantu Wewe Gombel dipercaya dari arwah wanita yang mati bunuh diri karena dituduh membunuh suaminya sendiri. Kabarnya Wewe Gombel sering menculik anak-anak karena dia mati dalam keadaan tidak punya anak. Nama Wewe Gombel sendiri diyakini berasal dari salah satu wilayah tempat ceritanya mencuat, yakni Gombel di Semarang.

6. Sundel Bolong

asal-usul-hantu-4

Sepintas kamu mungkin akan kesulitan membedakan Sundel Bolong dengan Kuntilanak. Jika kamu familiar dengan film-film horror yang diperankan oleh Suzanna, pasti tidak asing dengan gambaran Sundel Bolong. Sosoknya digambarkan sebagai hantu wanita memakai gaun putih panjang (jangan tanya kenapa gak apke rok mini!), berambut panjang, dan berpunggung bolong. Kabarnya Sundel Bolong muncul dari arwah wanita yang diperkosa dan meninggal, lalu melahirkan bayinya di dalam kubur.

7. Palasik

Menurut kepercayaan Minangkabau, palasik bukanlah hantu tetapi manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi. Palasik sangat ditakuti oleh ibu-ibu di di Minangkabau yang memiliki balita karena makanan palasik adalah darah anak bayi/balita, baik yang masih dalam kandungan ataupun yang sudah mati (dikubur), tergantung dari jenis palasik tersebut. Ilmu palasik dipercayai sifatnya turun-temurun. Apabila orang tuanya adalah seorang palasik, maka anaknya pun akan jadi palasik. Pada umumnya palasik bekerja dengan melepaskan kepalanya. Ada yang badannya yang berjalan mencari makan dan ada pula yang kepalanya yang melayang-layang mencari makan.

8. Kuyang

Kuyang merupakan siluman berwujud kepala manusia dengan isi tubuh yang menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapat terbang untuk mencari darah bayi. Makhluk ini dikenal masyarakat di Kalimantan. Kuyang sebenarnya adalah manusia (wanita) yang menuntut ajaran ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi. Pada siang hari, seorang kuyang akan menempuh hidup sehari-hari sebagaimana orang biasa, namun biasanya ia mengenakan pakaian jubah. Pada malam hari, kuyang akan terbang untuk mencari darah bayi atau darah persalinan untuk dihisap sebagai sarana menambah kekuatan ilmunya. Orang yang melihat kuyang terbang biasanya melihatnya seperti burung besar. Untuk menghadapinya, korban perlu menggunakan sapu ijuk atau memukulkan perabot rumah tangga seperti panci atau wajan.

9. Rangda

Rangda adalah ratu dari para leak dalam mitologi Bali. Makhluk yang menakutkan ini diceritakan sering menculik dan memakan anak kecil serta memimpin pasukan nenek sihir jahat melawan Barong, yang merupakan simbol kekuatan baik. Diceritakan bahwa kemungkinan besar Rangda berasal dari ratu Manendradatta yang hidup di pulau Jawa pada abad yang ke-11. Ia diasingkan oleh raja Dharmodayana karena dituduh melakukan perbuatan sihir terhadap permaisuri kedua raja tersebut. Menurut legenda, ia membalas dendam dengan membunuh setengah kerajaan tersebut, yang kemudian menjadi miliknya serta milik putra Dharmodayana, Erlangga. Kemudian ia digantikan oleh seseorang yang bijak. Nama Rangda berarti juga janda. Rangda sangatlah penting bagi mitologi Bali. Pertempurannya melawan Barong atau melawan Erlangga sering ditampilkan dalam tari-tarian. Tari ini sangatlah populer dan merupakan warisan penting dalam tradisi Bali. Rangda digambarkan sebagai seorang wanita dengan rambut panjang yang acak-acakan serta memiliki kuku panjang. Wajahnya menakutkan dan memiliki gigi yang tajam.

10. Leak

Leak sebenarnya adalah sihir jahat yang diprakterkan oleh orang tertentu. Sosok Leak digambarkan sebagai hantu yang mencari wanita hamil untuk dihisap embrionya karena penganut sihir leak butuh embrio itu untuk hidup.
asal-usul-hantu-11

Leak kebanyakan digambarkan dalam sosok kepala yang bagian organ dalam tubuhnya menjuntai di bawah. Jika ditelusuri, kabarnya organ dalam Leak tersebut akan menuntun ke tubuh aslinya. Leak dan Kuyang hampir sama, hanya beda sebutan di tiap daerah.

Itu dia 10 sosok hantu fenomenal di Indonesia dan dunia yang melegenda. Serem-serem kan? Mengingat asal-usul hantu tersebut terjadi akrena peristiwa langka, maka tak heran jika kemunculan mereka di masyarakat selalu menggemparkan.
Facebook Comments