Gunung Sinabung Mulai Bergejolak Pasca Gempa , Bakal Ada Ledakan Dahsyat

gn

SelaluIndah.com – Pasca gempa dengan kemampuan 5, 6 SR dengan pusat gempa di darat di 28 km barat daya Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara (Bandar Baru) pada Senin (16/1/2017) jam 19. 42 Wib yang diikuti oleh rentetan gempa yang lebih kecil, GA Sinabung alami 2 x erupsi.

Menurut Kepala Pos Penilaian Gunung Api (PPGA) Sinabung, Armen Putra, erupsi pertama berjalan Selasa (17/01/2017) jam 01. 34 WIB.

Sedang erupsi ke-2 berlangsung paginya, jam 06. 27 WIB dengan tinggi kolom abu 3000 mtr.. Angin bertiup perlahan-lahan ke arah tenggara-timur. amp 80 mm serta lama gempa 549 detik.

Diterangkan Armen lagi, s/d paling akhir masihlah terekam gempa-gempa tektonik lokal. Se belumnya, Armen juga menyampaikan belum ada efek yang significan pada kegiatan GA Sinabung.

Namun, Armen memberikan mungkin saja nantinya selenggarakan ada supply magma yang baru ke puncak Sinabung. Hal semacam ini dapat mengakibatkan ledakan yang dahsyat.

“Suplai magma baru ke puncak Sinabung bisa menyebabkan terjadinya perkembangan kubah yang cepat”, katanya.

Dalam siaran persnya, Kepala Pusat Data Info serta Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Senin (16/01/2017) malam menyampaikan PVMBG tengah mengintensifkan penilaian Gunung Sinabung. Sampai sekarang ini, status G. Sinabung tetaplah Awas. (KD)