Gempa Buat Lempeng Dasar Danau Toba Bergerak , Terjadi Pendangkalan Hingga 20 M

dt

SelaluIndah.com – Gempa bumi dengan kemampuan 3, 5 SR kedalaman 19 Km datang dari gerakan lempeng basic danau Toba yang disebabkan erupsi gunung Sinabung terus-terusan hingga berlangsung pendangkalan garis danau Toba hingga 20 m.

Dengan mengatasnamakan BMKG, berita itu menyebar cepat lewat medsos. Menjawab berita simpang siur itu, BMKG keluarkan press release seperti berikut.

Tubuh Meteorologi Klimatologi serta Geofisika (BMKG)
Balai Besar MKG Lokasi I Medan
PRESS RELEASE BMKG
UM. 505//KBW. I/I/2017

1. Sudah mengedar gosip lewat sosial media mengatasnamakan BMKG. Gosip itu menyebutkan kalau :

a. Gempa bumi dengan kemampuan 3, 5 SR kedalaman 19 Km datang dari gerakan lempeng basic danau Toba yang disebabkan erupsi gunung Sinabung terus-terusan hingga berlangsung pendangkalan garis danau Toba hingga 20 m.

b. Bakal berlangsung gempabumi susulan dengan kemampuan semakin besar pada jam 02. 00 WIB awal hari.

2. BMKG menyebutkan kalau gosip itu *TIDAK BENAR* serta *MENYESATKAN* lantaran gosip itu tak memiliki basic ilmiah yang pasti.

3. Kalau gempabumi yang berlangsung yaitu gempabumi darat dengan kemampuan 5, 6 SR kedalaman 10 Km dengan pusat gempa di 3, 330 LU serta 98, 460 BT, dikarenakan oleh *aktivitas tektonik dari sesar aktif lokal* di sekitaran Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang serta Kabupaten Karo.

Hingga jam 22. 40 WIB, sudah berlangsung 15 kali gempabumi susulan dengan kemampuan yang lebih kecil.

4. Butuh di ketahui kalau hingga sekarang ini gempabumi tektonik *belum bisa diperkirakan* kapan, di mana serta berapakah kekuatannya.

5. Orang-orang disuruh *tenang* serta *tidak gampang terpancing* oleh beberapa gosip yg tidak bertanggungjawab.

Jika ada beberapa hal yang masihlah diragukan kebenarannya, untuk lihat info resmi di laman BMKG (www. bmkg. go. id) serta sosial media resmi BMKG.

Sekian pernyataan resmi dari BMKG berkenaan dengan gosip gempabumi yang bakal berlangsung di Sumatera Utara.