Facebook Tak Mampu Menembus Pasar China

Selaluindah.com – Jakarta – Facebook lama berstatus jejaring sosial terbesar dunia, dengan sekitar dua miliar pengguna. Namun masih ada yang mengganjal di benak pendirinya, Mark Zuckerberg. Yaitu Facebook belum bisa menembus pasar China.

Dengan miliaran penduduk, China adalah pasar menggiurkan bagi Facebook. Sayang pemerintah China sangat ketat mengatur akses internet penduduknya dan gemar memblokir banyak website. Facebook salah satunya.

Maka Zuck terindikasi berusaha keras membuka blokir situsnya di China. Dia sudah beberapa kali datang ke China dan kunjungannya itu diberitakan secara luas oleh media di sana.

Zuck juga cukup cakap berbahasa Mandarin yang sering diucapkannya kala berada di China. Kebetulan pula, istrinya Priscila Chan pun keturunan China, dan anaknya Max, punya nama China, Chen Mingyu.

Ia pernah pamer sedang jogging di Beijing. Juga bertemu dengan pendiri Alibaba dan salah satu orang terkaya China, Jack Ma. Lalu yang menyedot perhatian, ia pernah menemui pejabat China, Liu Yushan. Mungkin untuk membicarakan kemungkinan blokir Facebook dibuka.

Dikutip dari Guardian, Selasa (26/09/2017), Liu kala itu berharap Zuck dapat membantu pengusaha internet China agar semakin maju. Namun belum ada tanda-tanda Facebook akan mendapat izin beroperasi di China.

Dulu, Facebook sebenarnya dapat diakses secara bebas di negeri Tirai Bambu itu. Namun diblokir tahun 2009 karena dinilai sebagai wadah aktivis menggalang protes dan kerusuhan yang menyasar pemerintah China.

Kini tampaknya upaya Zuck menemui jalan buntu. Malah WhatsApp yang juga milik Facebook kini diblokir total, yang mungkin membuat Zuck semakin pusing. Makin lengkap karena Instagram juga telah lama dicekal di sana.

Facebook Comments