7 Cara Deteksi Pasangan Berbohong Atau Tidak

Selaluindah.com Sepandai-pandainya menyimpan bangkai, pasti akhirnya akan tercium juga. Sepandai apapun seseorang menyimpan kebohongan, suatu saat pasti akan terungkap. Itulah yang biasa didengar untuk mengingatkan seseorang yang hendak berbohong.

Seseorang yang berbohong cenderung melakukan apapun untuk menyembunyikan kebohongannya. Lalu, bagaimana jika Anda yang sedang dibohongi? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kebohongan seseorang, dari wajah hingga kata-kata yang digunakan. Semua hal tersebut memang diperlukan fokus yang lebih dalam dari biasanya. Namun, tak ada salahnya jika Anda mencoba untuk memastikan kejujuran seseorang yang Anda kenal, khususnya pasangan.

1. Mimik Wajah

Seseorang mungkin mengira bahwa ia bisa menyembunyikan sesuatu lewat senyumannya. Namun jika Anda memperhatikan secara jeli, Anda bisa mencium kebohongan dengan mengamati ekspresinya. Baik secara sadar maupun tidak, seseorang yang sedang berbohong, akan mengungkapkannya lewat wajah seperti pipi yang memerah, lubang hidung yang mengembang, menggigit bibir, tarikan nafas yang dalam, hingga kedipan mata yang cepat.

2. Bahasa Tubuh

Tidak hanya wajah, bahasa tubuh juga bisa memperlihatkan apakah seseorang sedang berbohong. Dilansir oleh Reader’s Digest, seseorang yang jujur biasanya akan melakukan tindakan yang seimbang, seperti ketika menceritakan sesuatu yang heboh, ia akan bersikap heboh pula. Jadi antara postur, tubuh, wajah, suara, dan pemilihan kata akan seimbang. Bagaimana dengan pembohong? Lazimnya, mereka akan meminimalisir tindakan yang dilakukan. Bisa dengan menarik lengan atau kaki ke dalam tubuh atau menyembunyikan tangan di belakang punggung. Kebiasaan ini umumnya dilakukan untuk menyembunyikan kegelisahan yang mereka rasakan.

3. Senyuman

Senyuman yang jujur rata-rata menunjukkan gerakan bibir dan mata yang sinkron. Jika bibir tersenyum, otomatis mata akan memperlihatkan ekspresi yang sama. Seseorang yang tidak jujur cenderung memperlihatkan senyuman, namun kedua matanya tidak ekspresif. Bisa saja ia menyembunyikan rasa takut, marah, hingga jijik. Anda bisa memperhatikan lebih dekat bagaimana cara seseorang tersenyum untuk mengungkapkan apakah ia berkata jujur atau sebaliknya.

4. Cara Bicara

Anda perlu fokus untuk mengetahui si dia berbohong dari melihat dan mendengar caranya berbicara. Kebohongan dapat terungkap dari cara bicara seseorang apabila kecepatan berbicara dan pola pernapasannya berbeda dari yang biasa dilakukan. Apakah ia berbicara lebih cepat dari biasanya, atau justru lebih lambat? Tidak hanya perubahan suara, tempo berbicara dan pola pernapasan umumnya juga bisa membongkar ketidakjujuran seseorang.

5. Kata-kata

Sesuai yang dikutip dari Reader’s Digest, orang tidak jujur cenderung menghindari kata-kata yang membuat ia berpikir lebih kompleks, seperti ‘tetapi’, ‘kecuali’, ‘sedangkan’, dan ‘maupun’. Hal itu dikarenakan mereka tidak suka proses berpikir yang rumit. Mereka cenderung menggunakan kata ganti lebih sedikit dan lebih suka menggunakan kata yang berpusat pada dirinya sendiri.

6. Tingkah Laku

Perhatikan lebih detail bagaimana seseorang bertindak bisa memberikan keuntungan bagi Anda, salah satunya untuk mencari kebohongan. Terlebih, bila ini diterapkan pada seseorang yang sangat Anda kenal. Perubahan tindakan yang dilakukan seseorang umumnya dapat memberitahu apakah ia berkata jujur atau tidak. Anda juga perlu mempertimbangkan gestur, postur tubuh, dan nada berbicara yang biasa mereka lakukan dan dalam konteks situasi apa mereka bertindak tidak seperti biasanya.

7. Pertanyaan yang Diajukan

Ketika Anda menanyakan sesuatu pada seseorang, Anda perlu memperhatikan bagaimana mereka bereaksi pada pertanyaan tersebut. Umumnya, orang akan mengalihkan pandangan ketika dihadapkan dengan pertanyaan yang sulit. Ini memberikan waktu bagi mereka untuk berpikir meski hanya sesaat. Namun, Anda mungkin perlu menaruh rasa curiga jika seseorang mengalihkan pandangan ketika Anda memberikan pertanyaan sederhana. Ini bisa menjadi petunjuk kalau seseorang sedang berbohong.

Facebook Comments