5 Fakta Komodo Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Indonesia sebagai negara kepulauan memang menyimpan banyak keindahan dan misteri. Bukan hanya soal destinasi wisatanya saja, melainkan soal flora dan fauna yang dimiliki. Sejak lama, dunia telah mengakui kekayaaan flora dan fauna yang dimiliki negara ini. Tidak hanya unik, bahkan beberapa di antaranya hanya terdapat di Indonesia.

Salah satu fauna yang unik dan terdapat di Indonesia adalah Komodo. Hewan reptil berkaki empat ini, kabarnya hanya bisa kamu temui di Indonesia. Jika kamu sedang memiliki waktu untuk traveling ke bagian timur Indonesia, tepatnya ke Pulau Komodo dan Rinca, sempatkan dirimu untuk bertemu dengan “naga” langka yang satu ini. Namun, Sobat Tiket, sebelum kamu bertemu dengan Komodo, ada baiknya kamu ketahui dahulu fakta-fakta seputar Komodo. Berikut ini adalah lima fakta mengenai Komodo yang mungkin kamu belum tahu.

1. Penciuman yang Tajam
Komodo dikenal memiliki indera penciuman yang tajam. Bahkan saking tajamnya, dia bisa mencium bau darah hingga beberapa kilometer. Itulah mengapa saat kamu berkunjung ke sana, kamu diharuskan dalam kondisi tanpa luka terbuka.

komodo4

Penciuman Komodo bisa menjadi senjata sekaligus kelemahannya. Hidung Komodo bisa menjadi titik lemah yang dimanfaatkan para ranger untuk menjinakkan Komodo saat Komodo mulai bertingkah agresif.

2. Cara Hidup Yang Unik
Komodo juga dikenal memiliki cara hidup yang unik. Ada banyak faktor yang menunjang hal ini. Salah satunya adalah anatomi tubuh yang unik. Tahukah kamu, selain memiliki berat badan yang cukup berbobot, Komodo juga memiliki anatomi tubuh yang unik. Selain bernapas dengan hidung, lidah Komodo juga berfungsi sebagai alat penciuman.

komodo2

Selain itu, Komodo juga memiliki sistem pencernaan yang unik. Makanya, Komodo hanya butuh makan satu kali dalam sebulan. Jika Komodo telah selesai makan, dia akan segera mencari sinar Matahari untuk membantu proses pencernaan. Dan yang paling unik lagi, Komodo juga ternyata mampu berkembang biak secara partenogenesis, alias tanpa melalui proses persetebuhan.

3. Ditemukan Sejak Abad 19
Meskipun Komodo tergolong hewan purba dan cukup langka, namun keberadaan Komodo baru pertama kali ditemukan oleh dunia pada awal abad ke-19. Tepatnya pada sekitar tahun 1901, Komodo ditemukan oleh para pelaut Belanda yang sedang singgah.

komodo5

Saat itu, para pelaut tersebut beberapa kali menemukan sosok reptil besar yang disebut “naga” oleh penduduk lokal. Kabar tersebut pun menyebar dan membuat Letnan Steyn Van Hensbroek terdorong untuk melakukan penelitian dan ekspedisi.

4. Reptil terbesar
Komodo adalah salah satu reptil terbesar yang pernah hidup di bumi saat ini. Berat badan Komodo kabarnya bisa mencapai berat hingga 166Kg, dengan panjang rata-rata 2-3 meter.

komodo1

Hal tersebut kabarnya dikarenakan proses gigantisme pulau, dimana dalam pula tersebut tidak ada predatro lain selain Komodo. Komodo sendiri memuncaki posisi teratas dalam rantai makanan.

5. Punya Senjata Mematikan
Meskipun terkenal kalem, ternyata Komodo punya racun dan bisa yang mematikan, loh. Racun dan bisa inilah yang digunakan Komodo untuk mematikan mangsanya.

komodo3

Komodo memiliki ribuan bakteri berbahaya dalam air liurnya. Selain itu, dalam gusi Komodo juga kabarnya memiliki bisa yang mematikan.

Facebook Comments