159 Tahanan Kabur Berhasil Diringkus Kepolisian Pekanbaru

Selaluindah.com – Sejumlah tahanan di Rutan Pekanbaru Kelas IIB Kota Pekanbaru, Provinsi Riau berusaha untuk kabur dari Rutan tersebut pada hari ini, jumat (5/5/2017) sekitar tengah hari saat masyarakat dan kepolisian sedang melaksanakan Sholat Jum’at.

Kejadian kaburnya tahanan Rutan tersebut diduga karena kelebihan kapasitas kamar yang sebenarnya hanya bisa menampung 361 tahanan tetapi dihuni oleh 1.800 tahanan.

Jajaran Kepolisian Daerah Riau menyatakan hingga Jum’at Malam (5/5/2017) telah menangkap kembali 159 orang tahanan yang berusaha kabur. Polisi mengerahkan ratusn personel baik yang berseragam maupun yang menyamar seperti warga sipil. Penangkapan kembali tahanan yang kabur segera dilaksanakan agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di tengah masyarakat.

Berdasarkan kesaksian warga, sejumlah tahanan yang kabur ada yang berusaha untuk bersembunyi di rumah warga dengan meminta pemilik rumah untuk tutup mulut dan ada pula yang merampas kendaraan warga.

“Dia masuk rumah saya, Pak. Laki-laki. Disuruhnya saya diam lalu dia memanjat loteng rumah saya,” kata seorang warga, Karmila di Pekanbaru.

“Itu pak taksi dihambatnya, bahkan ibu-ibu pakai sepeda motor juga dihadang,” ungkapnya seorang Warga yang bernama Darlis.

Tim dari Ditjen PAS belum bisa memastikan berapa total jumlah tahanan yang kabur dari Rutan Kelas IIB Pekanbaru, Riau. Hal itu disebabkan karena kondisi Rutan sampai saat ini belum kondusif.

“Kita belum bisa hitung, karena di dalam belum bisa dihitung,” ujar Dirjen PAS I Wayan Dusak dalam konferensi pers di kantornya, Jl Veteran Jakarta Pusat, Jumat (5/5/2017).

Kondisi itu disebabkan para tahanan yang ada di dalam rutan belum kembali ke kamarnya masing-masing. Mereka masih berkeliaran di blok dan gang-gang.

Foto-Foto :

_95920777_039316530-1

personel-brimob_20170505_153828

Facebook Comments